Arti BPNT dan PBI Bansos Itu Apa ya? Berikut Cara Daftarnya !

Masyarakat indonesia sepertinya masih banyak yang belum tahu apa itu Bpnt dan Pbi. Sebenarnya apa ya arti dari Bnpt maupun Pbi ini? Agar kamu paham betul kedua singkatan tersebut, silahkan baca artikel ini dengan seksama ya. Baca sampai selesai. 

Sebagai penduduk dengan ekonomi rendah, Kita pasti sangat mengharapkan bantuan sosial dari pemerintah. program bantuan Bnpt memberikan dana kepada penerimanya sebesar 2,4 juta untuk satu tahun. Bantuan tersebut cair berangsur dalam setiap bulannya sebesar 200 rb saja. 

BNPT merupakan singkatan dari Bantuan Pangan Non Tunai. Mungkin kita lebih mengenalnya dengan Bansos kartu sembako. Program Bnpt ini bertujuan agar masyarakat miskin di indonesia tercukupkan kebutuhan pangannya. Serta bisa mencukupi kebutuhan Gizinya. 

Sebuah Program yang sangat bagus sekali dari pemerintah. Berbeda dari sebelumnya, dimana bansos Bnpt di berikan secara nontunai dikirim melalui rekening. Sekarang bantuan tersebut bisa diambil di kantor pos maupun kelurahan. 

arti bpnt pbi bansos

Bansos PBI (kemensos) 2022

Bantuan sosial (bansos) PBI merupakan sebuah program dari kementrian sosial atau kemensos. Program tersebut akan diberikan kepada masyarakat miskin dan juga termasuk masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah. 

PBI adalah singkatan dari Penerima Bantuan Iuran. Masyarakat yang telah menerima bantuan PBI akan terbebas dari iuran bulanan BPJS kesehatan. Itulah manfaat dari Bansos PBI. Kita akan benar-benar di bantu dalam hal iuran bulanan Bpjs. Terhitung sejak maret 2022, kemensos sudah mencairkan bantuan tersebut. 

Cara Daftar program BPNT

Jika kamu ingin mendapatkan bantuan dari program BPNT, kamu harus mengajukan diri mendaftar sebagai penerima bantuan. Daftarnya dimana? Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa melakukan pendaftaran melalui Online. Berikut ini adalah caranya

  1. Download dan Install aplikasi Cek bansos di play store
  2. Jika sudah selesai, jalankan aplikasi kemudian pilih Buat Akun baru
  3. Masukan Data diri kamu yang sesuai. 
  4. Jika dirasa sudah mengisi semua kolom dengan benar, silahkan klik buat akun baru
  5. Selanjutnya akan melakukan Aktivasi akun melalui Email yang di daftarkan
  6. Jika akun sudah aktif, akan muncul menu yang ada di dalam aplikasi, klik menu Daftar Usulan 
  7. Isi data diri yang sebenar-benarnya
  8. Terakhir pilih jenis Bansos yang akan diusulkan misalnya bansos Bnpt ini. 
Kemensos akan meninjau data diri yang telah kita kirim. Proses Veryfikasi dan validasi data akan berlangsung beberapa hari. Proses tersebut akan menentukan apakah kamu memang layak menjadi penerima bantuan dari kemensos. 
Itulah pembahasan singkat mengenai arti Bpnt dan Pbi bansos. Ayo segera daftarkan diri anda agar mendapatkan bantuan dari program ini. Caranya sangat mudah, kita bisa daftar melalui Hp Pribadi. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk kalian semua. Semoga berhasil.